Kelas : 2EB02
Nama Kelompok :
1. Cynthia Vivianti (21212646)
2. Dian Fihastuti (22212024)
3. Fiki Aldila (22212936)
4. Risa Mutiahani (26212449)
5.Winnie Adisty (28212243)
Tugas : Ekonomi Koperasi ( #Softskill )
KJKS Berkah
Madani
Jl. Akses UI No.9
Kelapa Dua - Depok
Telp. 021 - 7098 3911 Faks. 021 - 8772 0325
email: kjks@berkahmadani.co.id
Jl. Akses UI No.9
Kelapa Dua - Depok
Telp. 021 - 7098 3911 Faks. 021 - 8772 0325
email: kjks@berkahmadani.co.id
BERITA ACARA KEGIATAN PENDAMPINGAN
NO
|
HARI/TANGGAL
|
MATERI
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PARAF
|
|||||||||
1.
|
Sabtu, 26 Oktober 2013
|
Perkenalan
|
1. Memperkenalkan diri anggota
kelompok dan menyampaikan maksud dan tujuan
2. Memberikan Motivasi
|
09.00 – 11.30
|
Pendamping :
1.
Cynthia Vivianti
2.
Dian Fihastuti
3.
Fiki Aldila
4.
Risa Mutiahani
5.
Winnie Adisty
Koordinator :
Pak Sriyanto
ttd
|
|||||||||
2.
|
Senin, 28
Oktober 2013
|
Tujuan dari
Koperasi Berkah Madani
|
Tujuan KJKS Berkah Madani adalah menjadi solusi intelektual dan finansial kepada masyarakat berdasarkan prinsip-prinsip syariah agar hidup menjadi lebih bermakna. Dengan demikian diharapkan keadilan dan kesejahteraan dapat lebih dirasakan oleh para pengusaha mikro dan kecil khususnya Anggota KJKS Berkah Madani. |
14.00-16.30
|
Pendamping :
1.
Cynthia Vivianti
2.
Dian Fihastuti
3.
Fiki Aldila
Koordinator :
Pak Supri
ttd
|
|||||||||
3.
|
Selasa, 29
Oktober 2013
|
Visi dan Misi
dari Koperasi Berkah Madani
|
Visi : Menjadi lembaga keuangan syariah yang terbaik dan terdepan secara nasional dalam memberi solusi yang bermakna bagi kaum dhuafa, pengusaha mikro dan kecil secara berkelanjutan dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip fathonah, amanah, shiddiq dan tabligh.
Misi :
1. Meningkatkan akses permodalan bagi masyarakat kecil baik finansial
maupun non-finansial.
2. Membantu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan produktivitas
masyarakat kecil demi kesejahteraan dan keadilan ekonomi.
3. Menjadi lembaga keuangan syariah yang tumbuh secara berkelanjutan
seiring dengan pertumbuhan usaha nasabahnya.
4. Memberikan keuntungan maksimal secara terus menerus kepada shareholder
melalui pelayanan terbaik kepada stakeholder.
5. Menjadi organisasi pembelajar yang secara kontinyu meningkatkan
kompetensi dan kapasitas Sumber Daya Insani yang beriman dan bertaqwa dengan
kesejahteraan yang maksimal.
|
11.30-15.00
|
Pendamping :
1.
Cyntia Vivianti
2.
Risa Mutiahani
3.
Winnie Adisty
Koordinator :
Pak Supri
ttd
|
|||||||||
4.
|
Kamis, 31
Oktober 2013
|
Sejarah
Koperasi Berkah Madani
|
Koperasi Jasa Keuangan Syariah Berkah Madani didirikan
di Depok pada tanggal 19 Oktober 2004.
Mulai beroperasi pada tanggal 10 Februari 2005
berdasarkan Akta no. 62 dari Notaris B. Wirastuti Puntaraksma, SH . Koperasi
Jasa Keuangan Syariah Berkah Madani telah mendapat status Hukum Koperasi
berdasarkan surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan
Menengah No. 486/BH/MENEG.I/V/2006 Berdasarkan hasil keputusan Rapat Anggota
Tahunan (RAT) terakhir, maka disusun pengurus yang bertanggung jawab terhadap
jalannya Koperasi Jasa Keuangan Syariah Berkah Madani.
|
09.00-12.30
|
Pendamping :
1.
Dian Fihastuti
2.
Fiki Aldila
Koordinator :
Pak Supri
Ttd
|
|||||||||
5.
|
Senin, 4
November 2013
|
Budaya Kerja
|
Budaya Perusahaan KJKS Berkah Madani menanamkan budaya perusahaan yang luhur kepada seluruh stakeholder dengan maksud agar setiap aktivitas yang dilakukan tidak hanya berorientasi semata-mata pada profit tapi lebih dari itu adalah untuk mendapatkan keberkahan. Kerja Ikhlas, aktivitas yang dilakukan didasari oleh niat yang ikhlas semata-mata hanya mengharapkan ridha dari Allah swt. Kerja Cerdas, bekerja secara profesional didukung oleh kemampuan people, process, system dan technology yang terbaik Kerja Keras, bekerja dengan semangat tinggi dan etos kerja yang terbaik. Kerja Tuntas, bekerja dengan sistematis dan sesuai dengan rencana yang telah disusun. |
13.00-16.00
|
Pendamping :
1.
Cynthia Vivianti
2.
Risa Mutiahani
3.
Dian Fihastuti
Koordinator :
Pak Supri
Ttd
|
|||||||||
6.
|
Kamis, 7
November 2013
|
Produk
Pembiayaan
|
Murabahah (Jual
Beli)
Pembiayaan untuk kebutuhan pembelian
barang, baik berupa barang modal, alat produksi, bahan baku, persediaan
barang, maupun untuk kebutuhan barang konsumtif. Pembayaran dapat dilakukan
secara tunai, maupun dengan mengangsur untuk jangka waktu yang disepakati.
Pembiayaan MudharabahPembiayaan Mudharabah adalah pola pembiayaan yang diberikan dimana KJKS Berkah Madani sebagai pemilik modal (Shahibul Maal) dan nasabah sebagai pengelola modal (Mudharib). Pembiayaan mudharabah dikenal juga sebagai pola pembiayaan bagi hasil. Hasil yang diperoleh dari pengelolaan modal tersebut dibagi antara KJKS Berkah Madani dan nasabah sesuai dengan nisbah yang disepakati ketika akad.Pembiayaan MusyarakahPembiayaan Musyarakah adalah pola kerjasama antara KJKS Berkah Madani dengan salah satu atau lebih mitra usaha dalam sebuah proyek/aktifitas usaha, dimana para pihak yang terlibat sama-sama berkontribusi dalam hal permodalan maupun pengelolaan usaha.Ijaroh (Sewa)Pola pembiayaan dimana KJKS Berkah Madani menyewakan suatu barang/jasa untuk digunakan manfaatnya oleh nasabah dengan sejumlah imbalan yang dibayarkan nasabah kepada KJKS Berkah Madani. Pembiayaan Ijaroh dapat digunakan untuk sewa tempat usaha, sewa kendaraan, sewa tenaga kerja, dsb. Pembiayaan Ijaroh juga dapat digunakan untuk pembayaran biaya sekolah, rumah sakit, dokter serta jasa-jasa lainnya. |
09.00-14.00
|
Pendamping :
1.
Fiki Aldila
2.
Winnie Adisty
Koordinator :
Pak Supri
Ibu Anik
ttd
|
|||||||||
7.
|
Jumat, 8 November 2013
|
Pemasaran
|
Pemasaran adalah suatu kegiatan
ekonomi yang meliputi kegiatan merencanakan, menentukan harga sampai kepada
mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa ke konsumen.
Pemasaran ini bersandar pada konsep
inti yang meliputi kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Pemasaran sudah dipraktikan sejak
jaman dahulu dan bahkan sejak jaman Nabi Muhammad SAW. Beliau yang dalam
hidupnya melakukan perdagangan atau bisnis. Disini kami menekankan pada
karakter dan sifat beliau dalam melakukan proses bisnis, yang berpegang teguh
pada kejujuran, kebenaran dan sikap amanah sekaligus bisa tetap memperoleh
keuntungan yang optimal.
Konsep pemasaran bagi perusahaan
merupakan dasar dari setiap kegiatannya untuk melayani kebutuhan konsumen.
Konsep pemasaran juga menyatakan bahwa kunci untuk meraih tujuan organisasi
adalah menjadi lebih efektif dari pada para pesaing dalam memadukan kegiatan
pemasaran.
|
09.00-15.00
|
Pendamping :
1.
Cynthia
Vivianti
2.
Winnie
Adisty
Koordinator :
Pak Supri
ttd
|
|||||||||
8.
|
Sabtu, 9 November 2013
|
Orientasi Konsumen
|
1. Menentukan
kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.
2. Memilih
kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualan.
3. Menentukan
produk dan program pemasarannya.
4. Mengadakan
penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keingina,
sikap serta tingkah laku mereka.
5. Menentukan
dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitikberatkan pada mutu
yang paling tinggi, harga yang murah atau model yang menarik.
|
09.00-13.00
|
Pendamping :
1.
Dian
Fihastuti
2.
Fiki
Aldila
3.
Risa
Mutiahani
Koordinator :
Pak Supri
Ibu Anik
ttd
|
|||||||||
9.
|
Selasa, 12 November
2013
|
Prinsip dan
Usaha-usaha Koperasi Syariah
|
Usaha-usaha Koperasi Syariah :
|
11.30-15.00
|
Pendamping :
1.
Cynhtia Vivianti
2.
Risa Mutiahani
3.
Winnie Adisty
Koordinator :
Pak Supri
ttd
|
|||||||||
10.
|
Kamis, 14
November 2013
|
Produk
Simpanan
|
Lembaga Keuangan Syariah
Berkah Madani menawarkan berbagai jenis produk dan layanan simpanan dana
masyarakat berupa produk tabungan dan investasi berjangka. Produk dan layanan
yang kami tawarkan memiliki berbagai keunggulan, sesuai dengan motto kami “be
meaningful” kami ingin menjadikan segalanya menjadi lebih bermakna.
|
09.00-12.30
|
Pendamping :
1. Dian Fihastuti
2. Fiki Aldila
Koordinator
Pak Supri
ttd
|
|||||||||
11.
|
Jumat, 22
November 2013
|
Persyaratan
Dokumen
|
Dana yang Anda Investasikan pada KJKS
Berkah Madani insyaAllah selalu berkembang dan akan mendatangkan keberkahan.
Dengan berinvestasi pada KJKS Berkah Madani berarti anda telah ikut membantu
pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil.
Persyaratan :
- Formulir Pembiayaan
- Fotokopi KTP
- Fotokopi KK
- Fotokopi Surat Nikah
- Jaminan
|
11.30-15.00
|
Pendamping :
1.
Cynthia Vivianti
2.
Dian Fihastuti
3.
Fiki Aldila
4.
Risa Mutiahani
5.
Winnie Adisty
Koordinator :
Pak Sriyanto
ttd
|
|||||||||
12.
|
Jumat, 29
November 2013
|
Perbedaan
antara koperasi syariah dan koperasi konvensional
|
Perbedaan yang dapat terlihat
antara koperasi syariah dengan koperasi konvensional adalah pada akad dan
perlakuan denda. Jika dalam koperasi konvensional denda dimasukan kedalam
pendapatan, koperasi syariah memasukan denda ke dalam infaq.
Pembiayaan koperasi syariah
berlaku akad mudharabah atau bagi hasil. Ini diberlakukan untuk pembiayaan
jangka pendek (proyek). Sistem bagi hasilnya sendiri, 35 – 65, 35 untuk
koperasi dan 65 untuk pengusaha. Dengan jangka waktu maksimal 6 (enam) bulan.
Sedangkan untuk pembiayaan jangka panjang biasanya menggunakan akad
murabahah.
Simpanan pokok dalam koperasi ini
adalah sebesar Rp. 3.000.000 dari yang awalnya Rp. 2.000.000. Sedangkan untuk
simpanan wajib nya sebesar Rp. 25.000/bulan.
|
11.30-15.00
|
Pendamping :
1.
Cynthia Vivianti
2.
Dian Fihastuti
Koordinator :
Pak Sriyanto
Ibu Anik
ttd
|
|||||||||
13.
|
Rabu, 4
Desember 2013
|
Fasilitas,
Keunggulan dan Kendala dari Koperasi Syariah
|
Fasilitas yang diberikan dalam
koperasi syariah ini adalah simpan pinjam, investasi berjangka, layanan
masyarakat (ex : pembayaran tagihan) yang semuanya berbasis syariah karena
pihak koperasi bekerja sama dengan Bank Permata Syariah.
Keunggulan tersendiri pada
koperasi syariah menurut narasumber adalah prinsip syariah yang digunakan,
lebih kekeluargaan, sebisa mungkin menghindari cara konvensional.
Kendala yang dihadapi adalah
pengaplikasian akad dalam pembiayaan, dikarenakan nasabah terdiri dari
UKM-UKM yang melakukan pembelian dalam jumlah item yang berbeda dan banyak.
Dalam akad seharusnya pembelian langsung dari nasabah kepada koperasi namun
untuk saat ini pembelian diwakili oleh nasabah. Terdapat solusi untuk
menyediakan supplier namun tidak semua nasabah cocok dengan supplier yang
telah disediakan oleh pihak koperasi.
|
11.00-14.00
|
Pendamping :
1.
Fiki Aldila
2.
Risa Mutiahani
3.
Winnie Adisty
Koordinator :
Pak Sriyanto
ttd
|
|||||||||
14.
|
Selasa, 11
Desember 2013
|
Bidang –bidang
yang dilakukan pengawasan dan pemeriksaan di koperasi berkah mandiri
|
-
Bidang
Organisasi
Kepengurusan KJKS
Berkah Madani sampai saat ini berjumlah 6 orang, Badan pengawasan terdiri
dari 3 orang serta Pembina.
-
BIdang
Administrasi
Bidang Administrasi
pengurus sudah melakukan perbaikan seperlunya seiring dengan perkembangan
KJKS ini dianggap perlu pengurus menetapkan peraturan-peraturan khusus yang
mengacu pada kebutuhan Administrasi.
-
Bidang
Pembukuan
Dalam bidang Adm
pengurus sudah melakukan pencatatan atas semua transaksi yang berpengaruh
terhadap perubahan-perubahan akan koperasi. Dari hasil pengawasan dan
pemeriksaan yang dilakukan agar tidak pertimbangan seperlunya. Seperlunya
terkait untuk mendukung transaksi yang diperlukan agar tidak menimbulkan
tafsir.
-
Bidang
Keanggotaan
Berdasarkan buku
daftar KJKS Berkah Madani sampai dengan 31 Desember 2013 sebanyak 58 orang,
diharapkan pada masa yang akan datang jumlah keanggotaan terus ditingkatkan.
-
Bidang
Usaha
Dalam bidang usaha
atas prosedur dan ketentuan peminjaman dipandang perlu unutk melakukan
penyempurnaan seperlunya dengan penerbitan peraturan-peraturan khusus
tertulis.
-
Laporan
Keuangan
Laporan bidang
keuangan meliputi laporan Laba / Rugi dan laporan Neraca sudah dibuat sesuai
dengan peraturan standar Akuntansi Koperasi. Demikian pula dengan system
pembukuannya secara keseluruhan sudah dilaksanakan dengan baik dan sistematis.
Harapan kami untuk koperasi syariah adalah
terus maju dan tetap mampu bersaing dengan koperasi lainnya yang tidak
berbasis syariah.
|
11.00-15.00
|
Pendamping :
1.
Cynthia Vivianti
2.
Dian Fihastuti
3.
Fiki Aldila
4.
Risa Mutiahani
5.
Winnie Adisty
Koordinator :
Pak Sriyanto
ttd
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar