Selasa, 30 Desember 2014

Laporan Penelitian



Nama               : Winnie Adisty
NPM               : 28212243
Tugas               : Bahasa Indonesia 2 # Softskill

Laporan Penelitian
Pentas Seni SMA Negri 1 Karanganyar

Laporan yang saya buat ini berdasarkan hasil dari Pentas Seni (Pensi) yang dilaksanakan di SMA Negri 1 Karanganyar. Berikut ini adalah uraiannya :

I.                   Pendahuluan
Pentas Seni diselenggarakan dalam rangka meningkatkan apresiasi dan kecintaan para siswa terhadap kesenian dan kebudayaan. Sesuai dengan program kerja OSIS SMA Negeri 1 Karanganyar, dan untuk mengisi libur tengah semester tahun ini, kami merencanakan untuk mengadakan kegiatan Pentas Seni (PENSI). Melalui beberapa kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kecintaan terhadap kesenian dan menjadi refreshing setelah menempuh Ulangan Tengah Semester.

II.                Sasaran yang telah dicapai
Pelaksanaan Pentas Seni Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas (SMA) dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Pelita Raya Jambi ini diutamakan untuk mencari siswa-siswi  yang berpotensi dan bersemangat dalam bidang seni.
Dasar pemikiran diadakannya Pentas Seni adalah  sebagai berikut:
1.      Seni sebagai hiburan dan kesenangan siswa sehingga dapat membahagiakan
dan menyehatkan siswa rohani.
2.      Seni sebagai wujud kepribadian luhur bangsa.
3.      Melalui  berkesenian dapat menanamkan rasa nasionalisme dan bangga akan budaya bangsa, mengingkat tali persatuan dan kesatuan bangsa.
4.      Seni dapat digunakan sebagai sarana promosi perdagangan dan perusahaan dalam show, atau iklan pada radio atau televisi.\
5.      Seni sebagai sarana pendidikan, yaitu pendidikan formal (sekolah) atau pendidikan pada masyarakat.
6.      Melalu seni dapat meningkatkan hubungan atau kerjasama budaya dengan daerah yang satu dengan daerah yang lain dalam mewujudkan ketertiban, perdamaian, dan kesejehteraan.
7.      Mata pelajaran Pendidikan Kesenian merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat membina bakat dan prestasi siswa dalam bidang seni dan kreasi secara umum. Oleh karena itu, pelaksanaan Pentas Seni dan Kreasi Seni Tingkat SMP –SMA-SMK dipandang cukup urgen untuk meningkatkan kualitas dan prestasi siswa  Jambi.

III.             Response Penonton
Para siswa sangat mendukung pentas seni yang diadakan salah satungan dengan ikut bergabung diacara loba yang diselenggarakan lomba-lomba yaitu  festival band, pagelaran tari, dramatisasi puisi, musikalisaasi puisi, pertunjuakan teater, modern dance/tradisional dance, vocal, fasion show, dan baca puisi.

IV.             Metodologi Penelitian
Penelitian ini menggunakan Metode Wawancara yaitu tehnik pengumpulan data yang sesuai berdasarkan laporan verbal dimana pada wawancara ini terdapat dialog yang dilakukan oleh interviewer (pewawancara) untuk memperoleh informasi dari interviewee (orang yang diwawancarai). Adapun interviewee yang peneliti wawancarai adalah narasumber dan siswa-siswa yang mengikuti pentas seni.

V.                Kesimpulan dan saran
Membentuk siswa-siswi agar mampu menghayati unsur seni sebagai bagian dari  nilai-nilai hidup yang perlu dilestarikan. Menggali potensi dan kretivitas siswa-siswi dalam bentuk seni. Untuk meningkatkan apresiasi siswa dalam bidan seni. Untuk menambah wawasan dan nilai-nilai seni pada kalangan siswa atau pelajar.
Saran yang dapat diambil dari acara ini semoga tahun-tahun berikutnya dapat diadakan pentas seni kembali.
Demikianlah laporan penelitian yang saya buat. Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan dan ilmu kita. Saya mohon maaf apabila ada kekurangan didalam laporan penelitian saya. Sekian dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar